Dunia Baruku Photography

Archive for May, 2008

Aplikasi Sederhana Stopwatch dengan Delphi

Dibawah Ini Hasil Penggabungan dan Otak-atik yang semalam aku kerjakan hanya karena penasaran dan ingin tau seperti apa hasilnya. Lihat Hasilnya disini–> Stapwacth yang udah aku coba, sederhana tapi asyik buat menambah wawasan. Ada beberapa yang modifikasi juga. Jika teman-teman ingin mencoba silahkan saja tinggal pakai source codenya. Tinggal Pengaturan Intervalnya saja. Jangan dianggap saya sombong dengan hasil karya saya ini, saya juga baru belajar. karena saya ingin mengikat ilmu saya dengan menuliskannya diblog ini. siapa tau ada yang membutuhkannya untuk dasar pembelajaran delphi. Bahkan saya sangat berharap akan ada yang saling memberikan ilmu.  Harapan saya  tulisan saya ini bermanfaat buat saya dan teman-teman semua.. Ok Thanks.. Dibawah ini Sourcecodenya.

unit UStopwatch;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, ExtCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
LblTime: TLabel;
butss: TButton;
Timer1: TTimer;
Button1: TButton;
Panel1: TPanel;
Button2: TButton;
procedure FormCreate(Sender: TObject);
procedure FormShow(Sender: TObject);
procedure butssClick(Sender: TObject);
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);

private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}
var
StartTime,
StopTime: TDateTime;

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
Timer1.enabled := false;
end;

function ElapsedTimeStr(ETime: double): string;
var
RTime: double;
Days, Hrs, Mins: integer;
Secs: double;
begin
if int(ETime) > 0 then Days := 0 // Pengitungan Hari
else Days := Trunc(ETime);

RTime := frac(ETime) * 24; // Konversi Untuk jam disini
Hrs := Trunc(RTime);

RTime := frac(RTime) * 60; // Konversi Untuk Menit
Mins := Trunc(RTime);

Secs := frac(RTime) * 60; // Konbersi Untuk MiliDetik

Result := IntToStr(Days) + ‘ days, ‘ +
IntToStr(Hrs) + ‘ hrs, ‘ +
IntToStr(Mins) + ‘ mins, ‘ +
FloatToStrF(Secs, ffFixed,15,2) + ‘ secs’;
end;

procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);
begin
butSS.Caption := ‘&Start’;
lblTime.Caption := ElapsedTimeStr(0.0);
end;

procedure TForm1.butssClick(Sender: TObject);
begin
if butSS.Caption = ‘&Start’ then begin
StartTime := now;
lblTime.caption := ElapsedTimeStr(0.0);
Timer1.enabled := true;
butSS.Caption := ‘&Stop’;
// showmessage(‘Sedang Menghitung ‘);
end
else begin //butSS.Caption := ‘&Stop’
Timer1.enabled := false;
//lblTime.caption := ElapsedTimeStr(0.0); Jika diapakai Akan Mereset jadi Nol lagi
StopTime := now;
butSS.Caption := ‘&Start’;
showmessage(‘Yes, You Can Reset Now!!’);
end;
end;

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
CTime: TDateTime;
ETime: double; // the elapsed time in decimal days
begin
CTime := now;
ETime := CTime – StartTime;
lblTime.caption := ElapsedTimeStr(ETime);
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
lblTime.caption := ElapsedTimeStr(0.0);
showmessage(‘You Must Stop before Reset !!’);
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
showmessage(‘Are You Sure to Close ?’);
close;
end;

end.

Untuk dfm-nya dibawah ini : // Silahkan Anda ganti sesuai selera anda..

object Form1: TForm1
Left = 453
Top = 299
Width = 281
Height = 195
Caption = ‘Stopwatch’
Color = clSkyBlue
Font.Charset = DEFAULT_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -11
Font.Name = ‘MS Sans Serif’
Font.Style = []
OldCreateOrder = False
OnCreate = FormCreate
OnShow = FormShow
PixelsPerInch = 96
TextHeight = 13
object LblTime: TLabel
Left = 16
Top = 40
Width = 209
Height = 15
Font.Charset = ANSI_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -11
Font.Name = ‘200proofmoonshine’
Font.Style = []
ParentFont = False
end
object butss: TButton
Left = 24
Top = 112
Width = 75
Height = 25
Font.Charset = ANSI_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -12
Font.Name = ‘200proofmoonshine’
Font.Style = []
ParentFont = False
TabOrder = 0
OnClick = butssClick
end
object Button1: TButton
Left = 104
Top = 112
Width = 75
Height = 25
Caption = ‘Reset’
Font.Charset = ANSI_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -12
Font.Name = ‘200proofmoonshine’
Font.Style = []
ParentFont = False
TabOrder = 1
OnClick = Button1Click
end
object Panel1: TPanel
Left = 0
Top = 0
Width = 273
Height = 25
Align = alTop
Caption = ‘Aplikasi Stopwatch’
Font.Charset = ANSI_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -13
Font.Name = ‘200proofmoonshine’
Font.Style = []
ParentFont = False
TabOrder = 2
end
object Button2: TButton
Left = 184
Top = 112
Width = 75
Height = 25
Caption = ‘Close’
Font.Charset = ANSI_CHARSET
Font.Color = clWindowText
Font.Height = -12
Font.Name = ‘200proofmoonshine’
Font.Style = []
ParentFont = False
TabOrder = 3
OnClick = Button2Click
end
object Timer1: TTimer
Enabled = False
Interval = 10
OnTimer = Timer1Timer
Left = 24
Top = 72
end
end

Untuk teman-teman semua selamat mencoba. Tidak ada yang sulit jika kita mau mencoba. Dan kegagalan juga bukan menjadi halangan untuk berhenti. Jika ada saran atau commentar silahkan anda tuliskan comment. Saran dan kritik anda sangat berarti baru saja. terimakasih

www.maspiping.com

Advertisements

My Facebook


Kalo Ini my Facebook yang terus diotak-atik tapi bagus-bagus hasilnya, tapi coba deh berkunjung sebentar, siapa tau mau kasih Coment atau mau kasih Saran kan lumayan bisa menambah pengetahuan dan bisa menjadikan My facebook menjadi deretan yang dikenal banyak orang.. Heheh.. Oh ya disitu banyak banget fasilitas yang bisa dinikmati, mulai dari blog, music, game, Al-Quran, Download Artikel atau File, Dan juga Baca berita terbaru. Yang jelas g nyesel deh kalo nyoba. Ya syukur kalo di add juga, kan lumayan menambah teman juga..

Mulai Terasa Sakit

Segar Jika SehatJam Menunjukan Pukul 07.00 WIB saatnya berangkat ke Soreang, ada pekerjaan yang harus dituntaskan. Tapi perasaan ada yangg enak dengan kondisi badan ini. Sepertinya ada tanda-tanda akan sakit. Memang tenggorokan terasa kering, dada terasa sesak. Batuk sepertinya mulai merasuk ke dada ini. Tapi bukan jadi alasan aku coba melewatinya dengan begitu saja, Motor DK sudah menunggu untuk dinaiki. Helm sudah siap untuk dipakai dan jaket ini sudah membalut tubuhku melindungi dari hawa dingin yang terus menusuk di tulang. Mp3 sudah terpasang di telinga dengan alunan Ayat-ayat Quran yang sangat menyejukan hati ini. Dengan perut kenyak nasi Kuning dan tambahan dari Appeton yang menambah semangat untuk sehat. Akhirnya perjalanpun dimulai. dijalan seperti hari biasanya, Kemacetan yang bikin pusing. Alhamdulillah g terlalu macet banget seperti hari kemaren. Diperjalanan banyak menemukan pelajaran seperti belajar bersabar, belajar berfikir, belajar menghargai orang dan belajar berhayal hehe yang ini bukan. Jam menunjukan pukul 07.50 WIB dan menunjukan motor sudah menginjak bumi Soreang. Akhirnya sampai juga di PD.BPR SOREANG, senyum Pak satpam sudah menyambut, Alhamdulillah ini merupakan pertanda baik dan pertanda semangat tetap ada. “Silahkan pak langsung saja ke Atas sudah ditunggu pak Yana” sambil tersenyum 🙂 Oh ya Terimakasih pak. Sampai diatas sudah bisa ditebak pak Yana dan Pak Sahri sedang melakukan Apa.. Yah pada Input Transaksi harian (kejar transaksi dari tanggal 1 Mei 08 sampai hari ini). Dengan Senyum ramah dan jabat tangan mereka menyambutku. Nah dari situlah pekerjaan sampai sore dimulai. Akan tetapi memang fisik ini tidak mendukung untuk bekerja. Satu minggu ini memang Full tanpa ada istirahat, mulai dari berangkat kerja, Pulang kerja , Kuliah, karena hanya menggunakan Motor membuat Kondisi badan mulai menurun. Obat sudah Diminum, tapi Belum ada Tanda-tanda membaik. Waktu menunjukan Pukul 04.00 dan aku minta izin ke pak Sahri dan pak Yana Untuk Pulang Duluan, Alhamdulillah meraka sangat mengerti, dan memang kasihan melihat kondisiku, Dijalan motor cuma berjalan dengan kecepatan 40 km/jam. Pelan banget karena badan ini terasa dingin dan gemetar. Sampai dikantor setelah shlat maghrib q langsung rebahkan badan dikasur. Q ingin tidur, Dan nyatanya badan ini mulai panas. Yah benar kini q sadar q “sakit”. Q harus sembuh, Yah besok harus sembuh, Mudah mudahan Allah mendengar doaku. Batuk semakin parah dan hidung ini serasa susah bernafas. Vicks q minum terus setiap saat. Terasa hangat banget badan ini, Ya aku yakin aku bisa kerja. Alhamdulillah pagi hari badan ini teras enak banget, dan sudah mulai membaik. Terimakasih ya Allah, engkau mendengar doaku. Dan terimakasih buat Kakak, Ade, Maslatif yang udah membantu, Semoga Amal ibadah kalian diterima Allah dan diberikan Berkah dan rahmat. Amiin. ..

Kesimpulannya : Kerja keras bisa menimbulkan sakit, jika kondisi badan tidak Fit, Kerja berlrbihan juga kurang baik buat badan, jangan mengorbankan kesehatan untuk mencari uang karena suatu uang dan jika uang itu sudah kita dapatkan akan habis lagi untuk membeli kesehatan kita lagi, Intinya Jaga Kondisi Tubuh Jika ingin tetap Sehat. Terimakasih semuanya yang telah meluangkan waktu untuk membaca, semoga dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya. Amin.

Kelas Delphi

Mulai ada titik terang untuk belajar delphi. Soalnya kelas Delphi sudah dibuka lagi untuk semua, tentunya yang mau ikut. Padahal rencana pembelajaran udah dari beberapa bulan kebelakang. Tapi memang belum pernah ada Realisasi. Alhamdulillah sekarang sudah ada kejelasan tentang nasib Delphi. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar. Pelatihnya sendiri dari Dosen dikampusku. Tapi belum pernah ketemu sebelumnya. Pembelajaran memang dimulai dari dasar banget. Karena semuanya berawal atau kembali lagi dari pondasi. Keinginan saya juga kuat untuk bisa menguasa Delphi seperti Kangmaman atau MankAgus. Meraka udah menguasai dunia perdelphian. Ya memang untuk kedepannya tetap kembali lagi ke kangmaman dan mankagus untuk lebih dimantapkan lagi. Hari pertama Pelatihan Kemaren Selasa 13 Mei 2008 aku g bisa ikut soalnya sedang pendampingan di PD. BPR Soreang dan ada UAS. InsyaAllah hari kamis besok aku baru bisa ikut pelatihan. Mungkin jadwal sudah diatur pakmaman, tinggal laporan aja. Sebetulnya g perlu takut ketinggalan, karena saat ini sangat flexible. Pelatihan jika tidak mengikuti tidak masalah, jika nanti ada waktu dikantor nah itu bisa dimanfaatkan untuk pelatihan. Dosen pelatih bisa dipanggil kapan saja. Jadi yah lebih memudahkan kita. tau sendiri kerjaan begitu padat. banyak waktu diluarnya, dari pada dikantor. Hari pertama kemaren banyak yang ikut, Memang baru dari dasar banget. pada bersemangat semua mengikuti materinya. Yah mudah2han kali ini bisa benar-benar menjadikan kita team yang kuat dengan pengetahuan dari masing-masing implementator mengenai Delphi. Sukses buat kita semua..

(B4) Baru Beli Buku Baru

Habbiburahmman El ShirazySeminggu yang lalu tepatnya tanggal 4 Mei 2008 seperti biasa aq ke Majelis Percikan Iman (MPI). Sudah menjadi kebiasaan dan susah dihilangkan. Karena dengan adanya kesibukan yang sangat padat, harus didukung dengan hal tersebut. Memang q akui terkadang susah jika harus bekerja terus tanpa ada ketenangan batin. Hanya di MPI aquw bisa mendapatkannya. Hatiini menjadi sejuk kembali setelah beberapa hari kebelakang aquw disibukan dengan urusan kerjaan. Alhamdulillah setelah mengikuti pengajian semangat kerja jadi muncul lagi. Setelah selesai pengajian q lihat2 buku sebentar disekitar tempat pengajian(telkom). Memang ada yang mau dicari untuk dibaca. Meskipun terkadang juga g ada eaktu untuk membaca. Alhamdulillah bisa beli 2 buah buku. yang pertama Ketika Cinta Bertasbih Bag.2 Yang bag. 1 udah punya, yang kedua Sudah Benarkah Shalatku? karya Ust. Aam Amirudin. Bukunya menarik sekali untuk dibaca. Hati ini jadi semangat lagi buat membaca. Yah meskipun harganya agak menguras kantong yang udah tipis ini, tapi g apa2 yang penting itu lebih penting.

maspiping kembali lagi

Hello semua..!!!

Masih ingat kan sama maspiping..?? Sorry banget udah g pernah ngolo lagi. Soalnya Akhir2 ini banyak banget kerjaan. Banyak Proyek,tapi tetap saja uangnya dikit yaa.. Gimana kabar semua? mudah-mudahan selalu dalam Lindungan Allah.SWT. Alhamdulillah semangat membangun maspiping mulai muncul lagi. Terbukti dengan domain terbarunya www.maspiping.com Saat ini memang kesibukan saya yang mengganggu. Tapi Saya akan terus mengusahakan agar blog ini bisa terus update. Buat Teman-teman yang sudah berselancar ke blog maspiping saya ucapkan terima kasih banyak. Sekian dari kembalinya maspiping.com..