Dunia Baruku Photography

Archive for the ‘Cerpen’ Category

Asrinya Wonosobo Indonesia

Kali ini perjalanku ke wilayah Jawa Tengah tepaatnya Wonosobo. Sebetulnya sering sekali aku melewati kota ini namun belum pernaah keliling di kota tersebut..sebetulnya kotanya tidak terlalu besar. Aku sering melalui kota ini ketika dalam perjalanan ke Wilayah Lasem dan Lumajang. atau khususnya wilayah Jawa Timur.

Kesan pertama Asyik melihat kotanya yang adem, karena termasuk wilayah atas dan dekat dengan Dataran tinggi DIENG yang sudah terkenal dimana-mana. Namun kali ini aku benar2 bisa keliling Kota Wonosobo. Sebetulnya aku lebih tertarik menjelajah ke wilayah dataran tinggi khususnya pedesaan, karena dari situ aku banyak menemukan ke asrian alam. Tujuanku kali ini dalam rangka Merger BPR BKK Kabupaten Wonosobo.

Seperti biasa aku menyempatkan waktu untuk mengabadikan Hal yang unik dari kota ayang aku kunjungi. Setelah proses Merger melewati titik kritis pasti ada proses pendampingan ke Masing-masing BPR Cabang. Ini hal yang paling aku suka, dari sini aku bisa keliling kota dan setidaknya tau lokasi -lokasi yang dangat terpencil.. contohnya ketika aku mengunjungi Watumalang & Leksono. Ketika aku tanya disini khasnya apa? jawabanya ternyata Salak. wah lumayan nanti pulang bawa buat istri di rumah. Leksono jaraknya tidak terlalu jauh dari kota wonosobo, sekitar 10 Km perkiraanku, Ketika melalui jalanan ke arah leksono pemandangannya sungguh asri..padahal masih banyak yang lebih asri dari leksono, watumalang, Kejajar & masih banyak yang lainya.

Moment yang aku abadikan adalah Khas Pedesaan yaitu Petani membajak sawah. Namun proses membajaknya masih menggunakan Kerbau. Ini hal yang memang sudah jarang ditemui. Hanya ada diwilayah yang benar2 desa. Karena saat ini pun desa sudah banyak yang diganti dengan mesin. Kerbau Besi orang menyebutnya. Aku melihatnya suatu hal yang unik. karena aku dulu pernah mengalami ikut membajak di sawah. rasanya sungguh alami ketika aku melihat bapak tua dengan Pecut (cambuk kerbau) di tangan kanan dan kaki kiri memegang bajak serta bersuara “hayoo!! hess!! haiyah…!!! ” mengisyaratkan atau bahasa isyarat untuk menjalankan kerbau hehhe kurang lebih begitu. Tidak sembarangan orang bisa membajak. Karena rasa tertariku aku meminta kepada pak achmad salah satu Karyawan BPR Wonosobo untuk menghentikan mobil sejenak dan saya minta izin untuk mengabadikan moment tersebut. dan ini hasilnya:

Sang Pembajak Sawah

Sang Pembajak Sawah

Seperti tampak pada gambar itu. Sungguh asri aku melihatnya.Generasi kita apakah bisa melanjutkanya? Setidaknya kita harus menjaga warisan tersebut. Hal ini juga mengurangi Pemanasan Global menurutku. Go Green lah. Mungkin setidaknya aku punya kenangan di wonosobo. Mungkin yang belum pernah ke Wonosobo setidaknya tau kondisi pedesaan disana kalau untuk moment yang lain yang aku abadikan hanyalah sisi pinggiran kota. ini gambaranya :

Mobil Antik di Kota Wonosobo

Sudut Kota Wonosobo

semoga Cerita ini bisa mengartikan indahnya indonesia sebetulnya bisa kita miliki seutuhnya dan jangan sampai di rebut oleh negara Lain. Indonesia Milik kita bersama. Kita jaga kelestarianya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Advertisements

Doa

Berdoa

Doa

Ini istriku… Kehadiranya sulit digambarkan ketika mulai mengisi ruang hati dan kehidupanku..hanya aku yang bisa menggambarkan. Subhanallah maha Suci Allah memang penuh rahasia dan penuh Kejutan untuk kita. Mukjizat itu ada. AKu memiliki keluarga kecil yang aku dambakan dan kini Istriku sedang hamil dengan usia kandungan 4 Bulan hitungan dari Dokter & dari Hasil USG. Hal ini merupakan Anugerah yang sangat indah. Allah memang maha Adil.. Kebahagiaan kami sangat terasa ketika Bayi kami dalam Kondisi Sehat. Mudah-mudahan Bayi kami lahir dalam kondisi yang sehat jasmani dan Rohani dan diperlancar dalam proses kelahiran. Amin.

Pekerjaanku memang tak lebih dari seorang Kuli yang kesana kemari seperti mencari uang yang sebesar daun Pintu… heheh itu kata temen-temen kampus. tapi apakah memang ada uang segede itu…ya tidak akan ada. Jangan sampai kita bekerja hanya untuk mencari uang tanpa ada niat untuk Ibadah. Tapi sebagai seorang yang beribadah kita juga perlu berusaha untuk mencari uang, karena kebutuhan itu juga perlu uang. namun jangan sampai kita tidak pernah merasa puas & Bersyukur. Jika Sudah berusaha selanjutnya tinggal kita berdoa, Untuk masalah hasil & Rizki kita serahkan saja kepada Allah yang sudah mengatur pembagianya.

Istriku terimakasih untuk semuanya yang telah engkau berikan… Untuk segalanya… Doa dan Kasih sayang darimu sungguh berarti buatku.. Dampingi terus diriku ketika senang dan susah. InsyaAllah akan kudampingi dirimu ketika Senang & susah pula. Ibu terimakasih Doanya … Meski aku belum sukses…tapi aku sudah memiliki kesuksesan dalam hal lain yang belum tentu diraih oleh orang lain…

Penyesalan bisa datang berkali-kali

Penyesalan

Terkadang kita selalu bilang penyesalan selalu datang di akhir, dan kenapa kita jarang berkata menyesal dulu lebih baik dari pada menyesal belakangan, Masalah penyesalan terkadang membuat kita stress, namun jika kita sudah memiliki penanaman jiwa untuk selalu tegar dalam menghadapi suatu asalah atau suatu penyesalan sebetulnya kita tidaka akan terlarut dalam suatu penyesalan. untuk itu alangkah baiknya jika kita mengantisipasi suatu penyesalan agar tidak datang berulang-ulang. Sekali penyesalan saja sebetulnya sudah menyakitkan dan tidak ingin terulang berkali-kali, namun kenyataanya terkadang bisa datang berkali-kali dan itu bisa membuat kita semakin terpuruk oleh kondisi penyesalan yang kita alami. Memaang untuk menyesal di depan itu tidak mudah karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi setelah kita melakukan sesuatu hal yang memang ujung-ujungnya resiko yang harus kita hadapi.  Namun sebetulnya kita bisa meminimalisir penyesalan atau bahkan kita bisa mengantisipasi dari awal agar kita tidak mendapatkan hal yang menyakitkan ketika kita sudah menyesal. Kalau aku pribadi sih sebetulnya punya cara untuk melatihnya dan cara agar tidak bisa menyesal sebelum kejadian itu kita lalui.. maklum namanya juga kita sama-sama belajar, jadi wajar kalau belajar hal-hal baru seperti ini. Aku punya trik sendiri sih sebetulnya kalau mau tau ya ini aku bagi :

  1. Pastikan jangan sampai kita tergesa-gesa dalam mengambil keputusan
  2. ikuti kata hati kamu sendiri sobat (Kata hatimu itu lebih perasa dalam segala hal)
  3. Percayakan dirimu mampu mengendalikan atau mengontrol nafsu
  4. Fikirkan betul-betul apa yang akan terjadi setelah kita melakukan hal yang menurut kita beresiko
  5. Ingat penyesalan itu menyakitkan, dan sangat tidak mengenakan jika kita sudah menyesal
  6. Sabar itu kunci keberhasilan (ini benar sekali)
  7. Ambil keputusan lebih tenang dan lebih pasti bahwa itu benar
  8. Jika anda sudah pernah menyesal jangan sampai mencobanya lagi
  9. Masih ada kesempatan lagi kalau mau mencari meski terkadang kesempatan tidak datang dua kali
  10. Selalu berdoa agar kita selalu diberikan kemudahan (Petunjuk dariNYA lebih berarti buatmu)
  11. Belajarlah sedikit demi sedikit memahami makna menyesal itu menyakitkan
  12. Tanamkan Sikap Tidak ingin gagal
  13. Jika memang penyesalan terjadi jangan terpuruk dengan penyesalan kita, itu resiko kawan karena kegagalan bukanlah suatu akhir dari usaha kita.

Barangkali itu saja yang bisa saya posting untuk kali ini, semoga bermanfaat buat saya pribadi dan buat semua para pembaca,  Mohon kalau ada postingan atau comment dari anda silahkan masukan saja ke post, saya sangat menungu saran dan masukan dari anda. Terima kasih untuk anda yang sudah mampir ke maspipingdotcom

Jangan Beli aku dengan harga Murah

dilarang

Judulnya sih rada Ngawur.. tapi isinya benar dan nyata. Sebetulnya ini dimulai ketika aku seperti hari kemaren-kemaren bertugas diwilayah banjaran. ketika sedang melintas diwilayah Pamengpeuk aku dan temanku sebut saja Riyan karena kehabisan bensin maka coba mampir ke pombensin. Nah kebetulan antrian untuk motor panjang, jadi banyak motor yang nyelinap ke barisan mobil soalnya kosong g ada mobil ngantree disitu, Sebetulnya sih hal ini tidak boleh soalnya nyerobot antrian dan menyebabkan kecemburuan antar pengisi bensin, tapi pihak pom bensin memang sudah terbiasa dengan hal itu sehingga dibiarkan. nah pas giliran aku dapat isian aku coba membaca tulisan yang tertempel di alat pengisiannya, “Hanya Melayani Pembelian diatas 1 liter” heuheu mikirya memang rada aneh sih cuman sebetulnya boleh g sih kalo menurut anda membeli bensin di bawah 1 Liter ????

Liburan Ke Bandung

PasopatiIni Kasus kemaren waktu aku jalan-jalan di Pasopati.. Wah giala bener rasanya nikmat banget dan bandung banget.. makanya buat yang belum pernah kebandung coba deh sekali – kali main kebandung. Nah ntar lu tinggal mampir kejembatan ini. wah nikmat banget(Ajiiiiib…) soalnya dari sini kota bandung bisa terlihat jelas pemandangannya… Padet banget brooo..  Gua aja g pernah bosan untuk main kesini soalnya memang bisa membuat otak sedikit fresh, ya minimal bisa lihat pemandangan kota bandung dari ketinggian dan menikmati yang sedang menikmati pemandangan juga alias (Awewe boyyy)… Nah makanya kalo kebandung g mampir kesini ibarat belum kebandung tapi ngaku-ngaku ke bandung. Ok deh maspipingdotcom cuman mau mengucapkan selamat tahun baru Hijryiah (1 Muharram) semoga ditahun ini kita bisa lebih baek dari tahun 2008 kemaren . ya sudah selamat liburan buat teman-teman semua terimakasih sudah mau membaca artikel ini… salam Peace

Kemaren aku penuh perjuangan

Perjalan sang Implementator

Perjalan sang Implementator

Pagi tadi aku nyampe dri sumedang sekitar pukul 05.45 setelah semalam kerumah saudra teman sekantor seklaian ke rumah mank agus nganter ambil teevisi. Kenapa pagi-pagi udah sampai dibandung karena aku harus pergi kebanjaran. Ada sedikit kerjaan yang perlu diselesaikan. Seperti biasa aku lebih suka menggunakan angkot dari pada harus bawa kendaraan sendiri. Angkot dari kantor ke buahbatu begitu lancar, setelah sampai di buah batu aku lanjutkan naik angkot lagi arah ke cipagalo. sesampai di pom bensin sebelum tol buahbatu aku turun dan segera ganti denan angkot jurusan dayeuhkolot. Alhamdulillah langsung ada. namun apa yang terjadi setelah aku naik dan baru berjalan sekitar 5 menit terlihat jelas di depan ada kemacetan. perasaanku sudah tidak  enak dan bakalan macet total. Sopir pun geram dan pingin kembali lagi ke jalur balik. ternyata benar dia balik arah untuk menghindari kemacetan suman bagaimana nasibku ini pak tanyaku? g langsung ke dayeuhkolot pak? macet a saya mau balik ke garasi kata sopir. Yah meski g bayar D Ya sudah aku mulai perjalan kaki dar mulai bawah jalan tol buah batu, dan aku g tau bakalan berapa lama aku akan berjalan.  langkahku terus terayun, dan tanpa henti, Ya semua ini akibat kejadian banjir dari luapan sungai citarum yang meluap di sekitar wilayah dayeuhkolot, danbaleendah makanya kemacetan terjadi sepanjang itu. jika dihitunh secara KM aku akan berjalan sekitar 6 km lebih untuk sampai ke terminal. Keringat dan pegal serasa mewarnai perjalananku. Jalan terus dan jalan terus ampai aku temukan pintu keuar.. Angkot, mobil-mobil, motor dan yang lainya serasa susah untuk bergerak karena sangat padat. Perjalananku sungguh diwarnai rasa lelah, soalnya bawaanku berat dan panas. Ketika aku sampai di lokasi kejadian banjir justru tidak terlalu macet, ungkin karena suda pada mengungsi. Setelah aku berjalan lama akhirnya aku sampai juga di terminal baleendah dan aku coba aik angkot iar g terlalu capek dan aku bsia melanjutkan perrjalanan ke banjaran.. begitulah ceritaku hari ini, intinya hikmah  yang aku ambil adalah jika kita sabar sesulit apapun kita akan menemukan jalan keluar.  ternyata masih banyak warga indonesia yang masih merasakan penderitaan dengan adanya banjir setiap kali hujan, andung sudah telalu padat mohon diatus lagi tata letak kotanya. Mungkin baru segitu yang bisa saya kerjakan jika ada saran dan kritik masukan saja ke commentar. sekian terima kasih.

Rezpector by maspiping

Cintaku PadaMU begitu Indah…

Berikan aku KetabahanHari itu jumat yang indah, hari itu hari yang cerah, hari itu hari dimana aku selesai badminton dengan Karyawan BPR Banajran di salahsatu GOR Desa Banjaran. Sepulang dari bermain Badminton karena waktu ashar udah tiba aku ingin segera ke masjid untuk menunaikan kewajibanku. Dari GOR desa aku kemasjid menggunakan Angkot jurusan Banjaran-Tegalega. Ini yang aku sukai naik angkot. heheh. Setelah melewati terminal dan pasar bajaran akhirnya sampai juga di Masjid Agung Alun-Alun Banjaran. ” eitt Kiri bang kataku ” kelewat 50 meter. Ya harus jalan dikit untuk ke masjidnya. Aku berjalan melewati samping alun-alun tepatnya arena yang biasa digunakan berlari. Aku melihat banyak sekali anak-anak remaja putra dan putri semua pada asyik menghabiskan waktu sore mereka untuk menunggu sang sinar surya tenggelam di ufuk barat dan sampai bumi ini benar-benar gelap. Mereka tampak riang bermain dan bercanda. Ada yang main bola, ada yang main kejar-kejaran, ada yang makan, ada yang sekedar ngobrol dan ada pula yang asyik pacaran. Ada beberapa diantaranya yang masih menggunakan pakaian seragam sekolah mereka, sepertinya belum pulang kerumah dan langsung ke Alun-alun, disebelah lapangan alun-alun tampak berderet para penjual makanan yang mulai menata dagangan mereka, ada nasi goreng, bebek goreng, ayam goreng, sate, batagor, gorengan dan masih banyak lagi yang siap menawarkan dagangan mereka. Subhanallah ucap dalam batin ini melihat keseharian masnusia yang tiap hainya berbeda meski ada yang sebetulnya tujuannya sama.  Sungguh sangat sayang jika waktu ini habis begitu saja, dan kita tidak memanfaaatkannya sebaik mungkin. kelak bagaimana mempertanggungjawabkanya. mmm hati ini sejuk sebentar menatap masjid yang telah selesai mengumandangkan Adzan. Senag sekali rasanya masih bisa diberikan kesempatan shalat didalam RumahMU ya Allah. Rasa syukur mulai terucap. Meski aku tertinggal shalat ashar berjamaah aku coba cari orang yang mau mendirikan shalata juga dan mau diajak berjamaah. Akhirnya ada pemuda yang mau gabung shalat berjamaah denganku. Selesai shalat aku coba duduk dan menikmati keindahan masjid dan ketenangannya. Aku duduk di dekat pintu masuk dan bersandar di tembok. Aku keluarkan buku dan aku ingin menghabiskanya sedikit demi sedikit, halaman per halaman, sampai akhirnya aku nanti bisa menyelesaikannya. ya hanya waktu seperti inilah aku bisa menhabiskan waktu untuk membaca, justru yang paling sering adalah ketika aku berada di ANgkot. makanya aku suka naik angkot.  Ketika aku sedang khusu’ membaca aku melihat seorang lelaki masuk kemasjid dengan wajah yang basah dengan basuhan air wudlu aku melihatnya sepertinya wajahnya tampak lelah. dengan kotak box mengalung ki pundaknya dia tampaknya ingin menurunkan box itu. box itu adalah tempat dagangannya. ada rokok, aqua, permen, dan macam-maam masih banyak lagi. Ya akang ini adalah pedagang asongan yang biasa  berjualan di area pasar, terminal serta jalan area banjaran. jika aku liat biasanya dia yang menjajakan dagangannya ke sopir-sopir angkot. Dia akan mendirikan shalat. Aku terus mencuri – curi untuk memperhatikannya. Dia shalat ashar dengan tenag, rakat demi rakaat dia lalui. sampai akhirnya dia menyelesaikannya dengan mengakhiri salam. Kotak box dia letakan di depannya tepat kepalanya bersujud. Selesai shalat dia coba mendekati boxnya dan mengambil sebuah Alquran dan dia membacanya meski tanpa suara dan hanya beberapa ayat saja. dari sinilah hatiku tersntuh melihat keihklasannya untuk beribadah dan kecintaanya terhadap ALLAH.SWT. Aku kagum padanya, aku bersyukur telah ditunjukan meskipun sesibuk apapun jangan tinggalkan dan jangan lupakan kewajiban kita : shalat. ya kita mulai dari shalt saja, karena terkadang sebagian dari kita ada yang melalikannya. sungguh sia-sia hidup ini jika kita meninggalkannya. aku sendiri juga bahkan tidak tau kehidupan di rumah dari bapak pedagang asongan ini speti apa ?? kita mungkin yang lebih sukses dari bapak ini harus banyak bersyukur, dan jangan lupa kesuksesan juga adaah ujian, dan kegagalan juga adalah ujian, semua adalah ujian tergantung kita menyikapinya. Yah bersabar itu adalah kuncinya. Cintai Allah karna Allah mencintai Orang beriman dan bersyukur.   semoga pelajaran ini dapat kita ambil hikmahnya…. Amiin.